Search
Close this search box.

2,8 Juta Orang Kunjungi Paviliun Indonesia di Expo 2025 Osaka

Osaka, SenayanTalks – Paviliun Indonesia di Expo 2025 Osaka mencatat prestasi gemilang dengan rekor kunjungan harian tertinggi pada 13 Agustus 2025, yakni sebanyak 30.580 pengunjung. Capaian ini mendorong total kunjungan mencapai 1.906.296 orang sejak pembukaan pada April 2025, atau sudah 68% dari target 2,8 juta pengunjung hingga Oktober mendatang.

Direktur Paviliun Indonesia Rahmat Mulianda menyampaikan bahwa antusiasme besar ini menunjukkan tingginya minat dunia terhadap Indonesia.

“Antusiasme yang luar biasa ini menjadi bukti bahwa dunia ingin mengenal lebih dekat Indonesia, dari budaya hingga potensi kerja sama di masa depan,” ujar Rahmat di Expo 2025 Osaka.

Mengusung tema “Thriving in Harmony: Nature, Culture, Future” yang terinspirasi dari filosofi Tri Hita Karana, Paviliun Indonesia menampilkan harmoni manusia dengan alam dan Sang Pencipta. Di bawah koordinasi Kementerian PPN/Bappenas, paviliun ini menjadi etalase potensi pariwisata, perdagangan, dan investasi Indonesia.

Pengunjung dapat menikmati tiga zona utama: Nature, Culture, dan Future, sekaligus menyaksikan berbagai atraksi seni tari, musik, pameran kriya, dan fesyen. Selain itu, Paviliun Indonesia juga aktif menyelenggarakan business forum, business matching, dan pertemuan one-on-one dengan investor global.

Hingga pertengahan Agustus, Paviliun Indonesia telah menggelar 51 forum bisnis dan menghasilkan 9 MoU, 9 Letter of Intent, 1 Joint Venture Agreement, dan 1 Joint Statement, dengan total komitmen investasi mencapai USD 23,5 miliar. Investasi ini mencakup sektor ekonomi hijau, pariwisata, industri kreatif, pengelolaan limbah, hingga perdagangan berkelanjutan.

Sejumlah mitra strategis ikut mendukung suksesnya Paviliun Indonesia, antara lain Astra, Artha Graha Peduli, KAPPI, Pertamina, Barito Pacific Group, Royal Golden Eagle (RGE), Indofood, Japfa, BPDP, dan Garuda Indonesia, bersama kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

“Kami optimis dapat melampaui target. Paviliun Indonesia akan terus menghadirkan pengalaman berkesan dan citra positif Indonesia di mata dunia hingga Expo 2025 Osaka berakhir pada 13 Oktober mendatang,” kata Rahmat dengan penuh optimistis.

Baca juga :

Artikel Terkait