Jakarta, SenayanTalks – PT Pegadaian kembali menggelar ajang tahunan Pegadaian Media Awards (PMA) 2025. Kompetisi jurnalistik yang sebelumnya hanya diperuntukkan bagi insan pers kini diperluas, dengan menghadirkan kategori Citizen Journalism agar masyarakat umum dapat ikut berkarya.
Dengan mengusung tema “Bersama Pegadaian MengEMASkan Indonesia”, PMA 2025 diharapkan menjadi wadah kreatif bagi jurnalis profesional maupun masyarakat yang tertarik menulis dan membuat konten edukatif.
“Tahun ini ada yang berbeda. Kami membuka kepesertaan tidak hanya untuk para jurnalis media, namun juga masyarakat umum yang memiliki passion di bidang jurnalistik. Kami optimis akan lahir banyak karya citizen journalism berkualitas,” ungkap Riana Rifani, Kepala Departemen Corporate Communication PT Pegadaian.
Dalam PMA 2025, peserta terbagi dalam dua kategori:
- Kategori Jurnalis: karya dapat dimuat di media cetak, media online, televisi, maupun fotografi jurnalistik.
- Kategori Umum (Citizen Journalism): masyarakat bisa berpartisipasi dengan mengirim artikel melalui Kompasiana.com atau membuat video kreatif di Instagram Reels maupun TikTok.
Selain itu, kompetisi tahun ini menyoroti lima subtema yang relevan dengan layanan dan peran Pegadaian, yakni:
- Layanan Digital Pegadaian – akses daring produk dan layanan.
- Layanan Bank Emas Pegadaian – termasuk Deposito Emas dan Pinjaman Modal Kerja Emas.
- Agen Pegadaian – peran mitra bisnis memperluas layanan.
- ESG Pegadaian – komitmen keberlanjutan dan tanggung jawab sosial.
- Produk dan Layanan Pegadaian – manfaat nyata bagi masyarakat luas.
Periode kompetisi
Kompetisi yang sudah dimulai sejak Juli 2025 ini akan ditutup pada 30 September 2025. Peserta wajib mendaftarkan karya melalui microsite resmi PMA 2025 di https://bit.ly/PegadaianMediaAwards2025.
Selain memuat syarat dan ketentuan, situs resmi juga menyediakan informasi daftar juri dan hadiah menarik di tiap kategori. Pegadaian mengingatkan peserta untuk mewaspadai penipuan, karena seluruh informasi resmi hanya tersedia di kanal resmi Pegadaian.
Dengan membuka peluang partisipasi masyarakat, Pegadaian ingin mendorong literasi keuangan dan memperkuat semangat “MengEMASkan Indonesia”. Melalui karya jurnalistik maupun konten kreatif, diharapkan semakin banyak cerita inspiratif yang mengangkat program, produk, hingga komitmen Pegadaian terhadap UMKM, literasi keuangan, dan keberlanjutan.
Baca juga :